Pages

Selasa, 08 Juli 2014

RPP Bahasa Inggris Kelas VIII semester 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah            :   SMP
Mata Pelajaran          :   Bahasa Inggris
Kelas/ Semester         :   VIII/ 1
Jenis Teks                   : Descriptive Text
Tema                           : Describing people
Aspek / Skill               : Listening (mendengarkan)
Alokasi Waktu           : 4x40 menit


A.  Kompetensi Dasar : 1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yangdiwujudkan dalam semangat belajar.

2.2      Menunjukkan jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung  jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.10 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

B. Indikator               :
 1a. Berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
2a. Mengembangkan perilaku jujur dan disiplin dalam mengerjakan tugas
3a. Menemukan kosa kata baru berdasarkan teks yang diperdengarkan
3b. Menemukan makna dari kosa kata baru
3c. Menirukan pelafalan kosa kata baru
3d. Mengidentifikasi informasi tertentu
3e.  Mengidentifikasi generic structure dan fungsi sosial dari teks
3f. Berdialog dengan orang lain tentang mendeskripsikan  orang
4a. Membuat teks deskriptif tentang orang berdasarkan gambar

C.      Tujuan Pembelajaran    :
1.      Siswa mampu berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
2.      Siswa memiliki sifat jujur dan disiplin dalam kegiatan pembelajaran dan mengerjakan tugas.
3.      Siswa dapat menemukan kosa kata baru dari teks yang telah didengar dengan benar.
4.      Siswa dapat menemukan makna kata di dalam kamus dengan benar.
5.      Siswa mampu mengucapakan kosa kata baru dengan benar.
6.      Siswa mampu mengindentifikasi informasi tertentu secara akurat berdasrkan teks.
7.      Siswa mampu membuat kalimat sederhana tentang describing people.
8.      Siswa mampu mendeskripsikan orang dengan kalimat-kalimat sederhana.
9.      Siswa mampu berdialog dengan orang lain.
10.  Siswa mampu mengindentifikasi fungsi sosial dan generic structure  dari teks.
11.  Siswa Mampu mengidentifikasi language feature.
12.  Siswa mampu menyusun teks deskriptf tentang orang.

D.  Materi Pembelajaran

Fungsi Sosial         : Mendeskripsikan orang untuk kepentingan menjual, membeli, mengenalkan,melaporkan kehilangan.

Struktur Teks       :   
·      Penyebutan nama orang yang dipilih untuk dideskripsikan
·      Penyebutan sifat orang, dan
·      Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan orang.
Panjang teks: kurang lebih 6 (enam) kalimat.
I have a friend, her name is vivi. She is a beautiful girl. She has black short straight hair. Her skin is white. She has slim body .She also smart girl.

Unsur Kebahasaan: 
(1)   Pertanyaan dan pernyataan tentang deskripsi
·         How does your brother look like?
·         He’s short and wears glasses
·         wears glasses
(2)   Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(3)   Kata ganti it, they, she, we, dst; our, my, your, their, dst.
(4)   Kata sifat, tanpa atau dengan penambahan kata quite, very, atau kombinasi seperti dark brown, nice little cat, dan semacamnya.
(5)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(6)   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.

E.  Sumber pembelajaran
a.       Buku teks wajib (LKS dan diktat)
b.    Internet
c.    Audio CD/ VCD
F.   Langkag –Langkah Kegiatan Pemnbelajara :

Guru
Siswa
Tujuan Pembelajaran
Waktu
Kegiatan awal :
   ·      Salam tegur sapa.
   ·      Apersepsi dan  motivasi.
   ·      Penyampaian tujuan .





Kegiatan Inti :

1.    Listening
·      Guru meminta siswa untuk mengamati gambar dan memberi pertanyaan secara lisan.
·      Guru meminta siswa untuk mencari meaning dari kata dengan cara menjodohkan kata dengan artinya.
·      Guru melafalkan kosa kata


   ·        Guru memperdengarkan teks deskriptif orang melalui audio.



2.    Speaking
·      Guru menunjukan kepada siswa bagian-bagian dari orang yang dapat dideskripsikan.

·      Guru melafalkan kalimat yang berhubungan dengan mendeskripsikan orang.

·      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan memberikan beberapa gambar untuk dideskripsikansecara lisan.
·      Guru meminta ketua kelompok mendeskripsikan salah satu gambar tampa menyebutkan nama orang yang dideskripsikan.

·      Guru memberikan contoh dialog tentang describing people.
·      Guru meminta siswa membuat dialog bersama pasangannya dan mempraktekannya di depan kelas.

3.    Reading
·      Guru memeninta siswa untuk mengamati gambar dan memberi pertanyaan secara lisan.
·      Guru meminta siswa untuk mencari arti dari kosa kata baru menggunakan kamus.
   ·        Guru memberikan contoh teks iklan orang hilang dan menjelaskan kepada siswa tentang generic structure dan language feature dari teks.
   ·        Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi bagian-bagian pada iklna orang hilang secara kelompok.
   ·        Guru meminta siswa untuk menentukan perbedaan dari simple past tense dan past continue secara kelompok.

   ·        Guru memberikan soal berdasarkan teks.



4.    Writing
   ·        Guru memberikan gambar orang dan memeinta siswa untuk membuat kalimat sederhana berdasarkan gambar.
   ·        Guru meminta siswa untuk memebuat iklan orang hilang berdasarkan gambar dan klimat yang telah dibuat oleh siswa.

Penutup:
        ·   Menyimpulkan materi bersama siswa
   ·        Memberikan feedback kepada siswa
   ·        Mengakhiri pelajaran dengan hamdalah dan salam

Kegiatan Awal:
·      Menjawab salam dari guru.
·      Merspon motivasi yang telah diberikan guru.
·      Mendengarkan tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

Kegiatan Inti:

1.      Listening
     ·    Siswa mengamati gambar dan menjawab pertanyaan guru secara lisan.

     ·    Siswa mencari meaning dari kata dengan cara menjodohkan kata dengan artinya.
     ·    Siswa menirukan pelafalan kosa kata setelah guru.
     ·   Siswa mendengarkan teks dan menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang telah didengrkan.

2.      Speaking
     ·    Siwa menyebutkan bagian-bagian dari orang  yang dapat dideskripsikan secara lisan.
     ·    Siswa menirukan pelafalan kalimat setelah guru.

     ·    Siswa bersama kelompoknya memilih salah satu gambar untuk dideskripsikan secara lisan.
     ·    Ketua kelompok mendeskripsikan salah satu gambar secara lisan dan kelompok lain menebak nama oraang yang dideskripsikan.
     ·    Siwa memperhatikan guru dengan seksama.
     ·    Siswa membuat dialog bersama pasangannya dan mempraktekannya di depan kelas.

3.      Reading
         ·        Siswa mengamati gambar dan menjawab pertanyaan guru secara lisan.
         ·        Siswa mencari arti dari kosa kata baru menggunakan kamus.
·      Siswa memperhatikan penjelasan yang diberikan oleg guru.


         ·        Siswa mengidentifikasi bagian-bagian pada iklan orang hilang secara kelompok.
         ·        Siswa menentukan perbedaan dari simple past tense dan past continue secara kelompok.
         ·        Siswa menjawab soal berdasarkan teks yang telah diberikan oleh guru

4.      Writing
   ·        Siswa membuat kalimat kalimat sederhana berdasarkan gambar yang diberikan oleh guru.
   ·        .Siswa membuat iklan orang hilang berdasarkan gambar dan klimat yang telah mereka buat.

Penutup:
         ·          Menyimpulkan materi
         ·          Mendengarkan pnjelasn guru
         ·          Mengucapkan hamdalah dan menjawab salam
1 & 2











3



4




5








7







8










7


9




3




4


10 & 11



10




11




6





7



12





1&2
5 menit











5 menit



10 menit




5 menit


10 menit





5 menit


5 menit




5 menit





5 menit




5 menit


5 menit




5 menit




5 menit


5 menit




5 menit



5 menit




5 menit





10 menit



10menit





5 menit







...................., .............................. 20... 
Mengetahui                                                                
Kepala SMP...                                                 Guru Mata Pelajaran




_______________________                                      _________________________
NIP. ...                                                                        NIP. …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar