RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/
Semester : VIII/ 1
Jenis Teks : Descriptive
Text
Tema : Describing people
Aspek / Skill :
Listening (mendengarkan)
Alokasi Waktu : 4x40 menit
A. Kompetensi Dasar :
1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
Internasional yangdiwujudkan dalam semangat belajar.
2.2
Menunjukkan jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.10 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan
tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.12 Menyusun teks deskriptif lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
B.
Indikator :
1a. Berpartisipasi
aktif dalam pembelajaran
2a. Mengembangkan perilaku jujur dan
disiplin dalam mengerjakan tugas
3a. Menemukan kosa kata baru
berdasarkan teks yang diperdengarkan
3b. Menemukan makna dari kosa kata
baru
3c. Menirukan pelafalan kosa kata
baru
3d. Mengidentifikasi informasi
tertentu
3e.
Mengidentifikasi generic structure dan fungsi sosial dari teks
3f. Berdialog dengan orang lain
tentang mendeskripsikan orang
4a. Membuat teks deskriptif tentang
orang berdasarkan gambar
C.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa mampu berpartisipasi aktif dalam
pembelajaran.
2.
Siswa memiliki sifat jujur dan disiplin dalam
kegiatan pembelajaran dan mengerjakan tugas.
3.
Siswa dapat menemukan kosa kata baru dari teks
yang telah didengar dengan benar.
4.
Siswa dapat menemukan makna kata di dalam
kamus dengan benar.
5.
Siswa mampu mengucapakan kosa kata baru dengan
benar.
6.
Siswa mampu mengindentifikasi informasi tertentu
secara akurat berdasrkan teks.
7.
Siswa mampu membuat kalimat sederhana tentang
describing people.
8.
Siswa mampu mendeskripsikan orang dengan
kalimat-kalimat sederhana.
9.
Siswa mampu berdialog dengan orang lain.
10.
Siswa mampu mengindentifikasi fungsi sosial dan
generic structure dari teks.
11.
Siswa
Mampu mengidentifikasi language feature.
12.
Siswa mampu menyusun teks deskriptf tentang orang.
D.
Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial : Mendeskripsikan orang untuk kepentingan menjual, membeli,
mengenalkan,melaporkan kehilangan.
Struktur Teks :
· Penyebutan nama orang yang dipilih untuk dideskripsikan
· Penyebutan sifat orang, dan
· Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan orang.
Panjang
teks: kurang lebih 6 (enam) kalimat.
I have a
friend, her name is vivi. She is a beautiful girl. She has black short straight
hair. Her skin is white. She has slim body .She also smart girl.
Unsur
Kebahasaan:
(1)
Pertanyaan
dan pernyataan tentang deskripsi
·
How does your brother look like?
·
He’s short and wears glasses
·
wears glasses
(2)
Penyebutan
kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(3)
Kata
ganti it, they, she, we, dst; our, my,
your, their, dst.
(4)
Kata
sifat, tanpa atau dengan penambahan kata quite,
very, atau kombinasi seperti dark brown, nice little cat, dan semacamnya.
(5)
Ejaan
dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(6)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
E. Sumber
pembelajaran
a.
Buku
teks wajib (LKS dan diktat)
b.
Internet
c.
Audio
CD/ VCD
F.
Langkag –Langkah Kegiatan Pemnbelajara :
Guru
|
Siswa
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan awal
:
· Salam tegur sapa.
· Apersepsi dan motivasi.
· Penyampaian tujuan .
Kegiatan Inti :
1.
Listening
·
Guru meminta siswa untuk
mengamati gambar dan memberi pertanyaan secara lisan.
·
Guru meminta siswa untuk
mencari meaning dari kata dengan cara menjodohkan kata dengan artinya.
·
Guru melafalkan kosa kata
·
Guru memperdengarkan teks
deskriptif orang melalui audio.
2.
Speaking
·
Guru
menunjukan kepada siswa bagian-bagian dari orang yang dapat dideskripsikan.
· Guru melafalkan kalimat yang berhubungan dengan mendeskripsikan
orang.
·
Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok dan memberikan beberapa gambar untuk
dideskripsikansecara lisan.
·
Guru meminta
ketua kelompok mendeskripsikan salah satu gambar tampa menyebutkan nama orang
yang dideskripsikan.
·
Guru
memberikan contoh dialog tentang describing people.
·
Guru meminta
siswa membuat dialog bersama pasangannya dan mempraktekannya di depan kelas.
3.
Reading
·
Guru
memeninta siswa untuk mengamati gambar dan memberi pertanyaan secara lisan.
·
Guru meminta siswa untuk
mencari arti dari kosa kata baru menggunakan kamus.
·
Guru memberikan contoh teks
iklan orang hilang dan menjelaskan kepada siswa tentang generic structure dan
language feature dari teks.
·
Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi
bagian-bagian pada iklna orang hilang secara kelompok.
·
Guru meminta siswa untuk
menentukan perbedaan dari simple past tense dan past continue secara
kelompok.
·
Guru
memberikan soal berdasarkan teks.
4.
Writing
·
Guru
memberikan gambar orang dan memeinta siswa untuk membuat kalimat sederhana
berdasarkan gambar.
·
Guru meminta
siswa untuk memebuat iklan orang hilang berdasarkan gambar dan klimat yang
telah dibuat oleh siswa.
Penutup:
· Menyimpulkan materi bersama siswa
·
Memberikan
feedback kepada siswa
·
Mengakhiri
pelajaran dengan hamdalah dan salam
|
Kegiatan Awal:
·
Menjawab salam dari guru.
·
Merspon motivasi yang telah
diberikan guru.
·
Mendengarkan tujuan
pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
Kegiatan Inti:
1.
Listening
· Siswa
mengamati gambar dan menjawab pertanyaan guru secara lisan.
· Siswa
mencari meaning dari kata dengan cara menjodohkan kata dengan artinya.
· Siswa
menirukan pelafalan kosa kata setelah guru.
· Siswa
mendengarkan teks dan menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang telah
didengrkan.
2.
Speaking
· Siwa
menyebutkan bagian-bagian dari orang
yang dapat dideskripsikan secara lisan.
· Siswa
menirukan pelafalan kalimat setelah guru.
· Siswa
bersama kelompoknya memilih salah satu gambar untuk dideskripsikan secara
lisan.
· Ketua
kelompok mendeskripsikan salah satu gambar secara lisan dan kelompok lain
menebak nama oraang yang dideskripsikan.
· Siwa
memperhatikan guru dengan seksama.
· Siswa
membuat dialog bersama pasangannya dan mempraktekannya di depan kelas.
3.
Reading
·
Siswa mengamati gambar dan
menjawab pertanyaan guru secara lisan.
·
Siswa mencari arti dari kosa kata
baru menggunakan kamus.
·
Siswa memperhatikan penjelasan
yang diberikan oleg guru.
·
Siswa mengidentifikasi bagian-bagian
pada iklan orang hilang secara kelompok.
·
Siswa menentukan perbedaan dari
simple past tense dan past continue secara kelompok.
·
Siswa menjawab soal berdasarkan
teks yang telah diberikan oleh guru
4.
Writing
·
Siswa
membuat kalimat kalimat sederhana berdasarkan gambar yang diberikan oleh
guru.
·
.Siswa membuat
iklan orang hilang berdasarkan gambar dan klimat yang telah mereka buat.
Penutup:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mendengarkan
pnjelasn guru
·
Mengucapkan
hamdalah dan menjawab salam
|
1
& 2
3
4
5
7
8
7
9
3
4
10
& 11
10
11
6
7
12
1&2
|
5
menit
5
menit
10
menit
5
menit
10
menit
5
menit
5
menit
5
menit
5
menit
5
menit
5
menit
5 menit
5
menit
5
menit
5
menit
5
menit
5
menit
10
menit
10menit
5
menit
|
...................., ..............................
20...
Mengetahui
Kepala SMP... Guru
Mata Pelajaran
_______________________ _________________________
NIP. ... NIP.
…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar